Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , » Inilah 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik

Inilah 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik

Zona Organik - 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik - Organic Gardening - Growing Vegetables Organically - Dalam dunia pertanian dikenal istilah pestisida,  yaitu bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Nama ini berasal dari pest ("hama") yang diberi akhiran -cide ("pembasmi"). Sasarannya bermacam-macam, seperti serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, atau mikrobia yang dianggap mengganggu. Pestisida biasanya, tapi tak selalu, beracun.

Dari bahan pembuatnya, pestisida dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu pestisida alami atau organik dan anorganik.

Kami Zona Organik, dalam melakukan budidaya sayuran di pekarangan rumah lebih memilih untuk menggunakan pestisida organik yang berasal dari berbagai macam tumbuhan berkhasiat, karena tidak mengandung zat kimia sintetis yang berbahaya bagi kesehatan.

Tumbuhan di alam ini dalam mempertahankan dirinya dari para pengganggu telah mengembangkan bahan kimia sebagai alatnya. Tumbuhan mengandung berbagai macam bahan kimia alami yang merupakan produksi metabolisme sekunder dan digunakan sebagai pertahanan dari serangga organisme pengganggu.

Inilah 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik

Tumbuhan mengandung banyak mengandung bahan bioaktif, yaitu sekitar 10.000 jenis produksi metabolit sekunder yang telah teridentifikasi, walaupun sebenarnya kandungan bahan bahan kimia alami pada tumbuhan lebih dari 400.000.

Terdapat lebih dari 2.400 jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam 235 famili mengandung bahan kimia alami yang berguna sebagai pestisida organik.

Pemanfaatan tumbuhan berkhasiat ini sebagai pestisida alami akan sangat membantu para petani dalam mengatasi gangguan hama dan penyakit tanaman budidaya yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Tumbuhan yang berkhasiat sebagai pestisida alami yang dapat dijadikan bahan pembuat pestisida tersebut digolongkan menjadi 5 kelompok.

Berikut ini 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik:
  1. kelompok tumbuhan penghasil insektisida organik;
  2. kelompok tumbuhan penghasil atraktan atau pemikat;
  3. kelompok tumbuhan penghasil rodentisida organik;
  4. kelompok tumbuhan penghasil moluskisida organik;
  5. kelompok tumbuhan penghasil pestisida organik serba guna.
Baca juga:


Demikian 5 Kelompok Tumbuhan Penghasil Pestisida Organik, mari melakukan budidaya sayuran dan buah secara organik, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik