Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , , » Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus

Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus

Zona Organik - Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus - Organic Gardening - Growing Vegetables Organically - Kacang panjang merupakan salah satu sayuran buah yang biasa digunakan sebagai bahan pecel, urab, dan tentunya sayur. Rasanya sangat lezat baik dalam kondisi dimasak maupun mentah sebagai lalapan, itulah sebabnya kami sangat menyukainya, terutama sebagai lalapan.

Kami menanam kacang panjang menggunakan benih dari membeli di toko pertanian, yaitu Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus produk dari PT. Dinasty Inti Agrosarana.

Varietas ini sangat cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Mempunyai daya adaptasi tinggi serta sangat tahan terhadap serangan virus. Buahnya sangat lebat mulai dari ketiak daun bawah sampai atas.

Buahnya berwarna hijau mengkilap dan sangat keras sehingga tahan untuk disimpan dan tahan pada transportasi pengiriman jarak jauh.
Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus
Panjang buah rata-rata 70-90 cm, umur panen kurang lebih 40 hari setelah tanam dengan potensi produksi 30-40 ton/hektar.

Menanam benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus disarankan banyak menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik dan pengairan yang baik.

Spesifikasi Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus:
  1. Purity (kemurnian): 98%
  2. Germination (daya tumbuh): Min. 85%
Sama dengan tanaman sayuran lainnya, kami menanam kacang panjang di pekarangan rumah secara organik dengan menggunakan karung bekas.

Media tanam yang kami gunakan adalah campuran tanah pekarangan dengan kompos daun dan pupuk kandang plus arang sekam.

Kami menanam kacang panjang ini menjelang bulan Ramadhan, dengan harapan ketika hari raya Idul Fitri nanti sudah panen, karena biasanya saat itulah harga sayuran naik, berharap mendapat keuntungan yang lumayan banyak.

Kami menanam kacang panjang, selain memang suka sebagai lalapan, juga karena biasanya harganya cukup mahal, sehingga dapat memperoleh keuntungan dari itu.

Lalapan merupakan sayuran dan buah mentah yang biasanya langsung dimakan dengan sambal sebagai teman makan nasi. Oleh karena mentah, maka dikhawatirkan masih ada kandungan bahan kimia (jika membeli di pasar), oleh karena itu, kami menanm sendiri secara organik agar bebas dari bahan kimia berbahayan dan sehat bagi kesehatan keluarga kami.

Dalam menanam Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus ini kami berbagi tugas:

Saya membuat dan menyediakan media tanam dalam karung. Istri saya menanam benih. Anak-anak membantu menyiram. Kegiatan ini biasanya kami lakukan di sore hari secara bersama-sama. Bahkan orang tua kami juga kadang membantu mencabut gulma yang tumbuh di sekitar karung media tanam.

Jangan lupa baca juga:

Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Sayuran Organik

Jangan lupa simak juga videonya berikut ini:



Demikian Benih Kacang Panjang Unggul Marathon Tahan Virus, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments:

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik