Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya

Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya

ZonaOrganik.Com - Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya - Gulma merupakan tumbuhan pengganggu. Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh liar pada lahan pertanian dan dapat berakibat menurunkan hasil dari tanaman budidaya.

Gulma secara langsung maupun tidak langsung merugikan tanaman budidaya. Pengenalan suatu jenis gulma dapat dilakukan dengan melihat keadaan morfologinya, habitatnya, dan bentuk pertumbuhanya.

Gulma dapat menurunkan hasil produksi pertanian karena mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya yaitu merebut nutrisi atau unsur hara. Contoh beberapa jenis tumbuhan yang dikenal sebagai gulma utama adalah rumput teki dan alang-alang.

Berikut ini 3 jenis gulma yang secara umum kita kenal yang bBerdasarkan keadaan morfologinya, dikenal gulma rerumputan (grasses), teki-tekian (sedges), dan berdaun lebar (board leaf). Masing-masing jenis gulma tersebut memiliki karakteristik tersendiri yang memerlukan strategi khusus untuk mengendalikannya.
Kami ZonaOrganik.Com melakukan budidaya cabe dan sayuran lainnya menggunakan karung bekas, sehingga dapat meminimalisir gangguan gulma karena media tanam terlokalisir hanya dalam karung saja. Mungkin ini salah satu solusi untuk menghindari gangguan gulma.

Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya
 
1. Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma Teki-Tekian

Rumput teki-tekian memiliki daya tahan luar biasa jika hanya dikendalikan dengan dicabut atau disiangi karena memiliki umbi batang di dalam tanah yang mampu bertahan berbulan-bulan. Selain itu, gulma ini menjalankan jalur fotosintesis C4 yang sangat efisien dalam menguasai areal pertanian secara cepat.

Ciri-ciri gulma teki-tekian adalah penampang lintang batang berbentuk segi tiga membulat, dan tidak berongga, memiliki daun yang berurutan sepanjang batang dalam tiga baris, tidak memiliki lidah daun, dan titik tumbuh tersembunyi. Kelompok ini mencakup semua anggota Cyperaceae (suku teki-tekian) yang menjadi gulma. Contoh: teki ladang (Cyperus rotundus), udelan (Cyperus kyllinga), dan Scirpus moritimus.

Cara mengatasinya adalah dengan mencabut secara rutin setiap kali gulma tersebut muncul dan jangan menunggu hingga berkembang banyak.

Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya

2. Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma Rerumputan
Gulma rurumputan memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang tegak, menjalar, hidup semusim, atau tahunan. Batangnya disebut culms, terbagi menjadi ruas dengan buku-buku yang terdapat antara ruas. Batang tumbuh bergantian pada dua buku pada setiap antara ruas daun terdiri dari dua bagian yaitu pelepah daun dan helaian daun, contoh gulama rerumputan adalah:
  1. Panicium repens
  2. Eleusine indica
  3. Axonopus compressus, dll
Cara mengatasinya adalah dengan mencabut secara rutin setiap kali gulma tersebut muncul dan jangan menunggu hingga berkembang banyak.
Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma pada Tanaman Budidaya
3. Cara Mudah dan Murah Mengatasi Gulma Berdaun Lebar
Golongan gulma berdaun lebar antara lain: Mikania spp, Ageratum conyzoides, Euparotum odorotum. Berdaarkan habita tunbuhanya, dikenal gulma darat, dan gulma air. Gulma darat merupakan gulma yang hidu didarat, dapat merupakan gulma yang hidup setahun, dua tahun, atau tahunan (tidak terbatas). Penyebaranya dapat melalui biji atau dengan cara vegetatif. Contoh gulma darat diantaranya Agerathum conyzoides, Digitaria spp, Imperata cylindrical, Amaranthus spinosus. Gulma air merupakan gulama yang hidupnya berada di air. Jenis gulma air dibedakan menjadi tiga, yaitu gulma air yang hidupnya terapung dipermukaan air (Eichhorina crassipes, Silvinia) spp, gulma air yang tenggelam di dalam air (Ceratophylium demersum), dan gulma air yang timbul ke permukaan tumbuh dari dasar (Nymphae sp, Sagitaria spp).
Berbagai macam gulma dari anggota Dicotyledoneae termasuk dalam kelompok ini. Gulma ini biasanya tumbuh pada akhir masa budidaya. Kompetisi terhadap tanaman utama berupa kompetisi cahaya. Daun dibentuk pada meristem pucuk dan sangat sensitif terhadap kemikalia. Terdapat stomata pada daun terutama pada permukaan bawah, lebih banyak dijumpai. Terdapat tunas-tunas pada nodusa, serta titik tumbuh terletak di cabang. Contoh gulma ini ceplukan (Physalis angulata L.), wedusan (Ageratum conyzoides L.), sembung rambut (Mikania michranta), dan putri malu (Mimosa pudica).
Cara umum yang biasa dilakukan oleh petani adalah dengan melakukan pendangiran atau dengan mencabutnya.
Di Amerika dan di Eropa, pada hari-hari tertentu petani mengajak anak-anak sekolah untuk datang mengunjungi pertaniannya, mengenalkan pertanian dan mengajak anak-anak mencabut gulma yang tumbuh. Beberapa petani menggaji anak-anak di hari libur khusus untuk mencabut rumput saja.
Selain itu penggunaan varitas tanaman yang bisa bersaing dengan gulma lebih menguntungkan, karena mampu tumbuh cepat terutama saat-saat awal pertumbuhan hingga mampu mengalahkan gulma.

Jangan lupa baca juga:
Prospek Budidaya Cabe dan Sayuran Organik Semakin Cerah ke Depan
 

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik