Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik

Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik

ZonaOrganik.Com - Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik - Dalam melakukan budidaya cabe dan sayuran organik, kami memanfaatkan tumbuhan di pekarangan sebagai bahan baku pembuat kompos di samping pupuk kandang kotoran sapi, serbuk gergajian, dan arang sekam.

Semua jenis tumbuhan hijau dapat digunakan sebagai bahan baku pupuk organik, namun tidak semuanya bagus, hanya ada beberapa jenis yang memiliki kandungan zat yang dibutuhkan tanaman.

Bagian tumbuhan yang sering digunakan sebagai pupuk organik adalah daun, tangkai, dan batangnya yang masih muda. Bahan tersebut mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang, yaitu utamanya nitrogen.

Jenis tumbuhan yang paling baik untuk bahan baku pupuk organik adalah tumbuhan yang akarnya memiliki hubungan saling menguntungkan dengan mikroorganisme pengikat nitrogen. Jenis tumbuhan seperti itu dikenal dengan nama tanaman legum. Baca juga 5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia.

Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik

Tumbuhan leguminosa biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik dan biasanya juga ditanam sebagai tanaman sela atau tanaman rotasi untuk memanfaatkan waktu kosong sehingga tanah tidak menganggur ketika pergantian musim, misalnya kacang tanah, kedelai, kacang hijau yang ditanam setelah musim tanam padi kedua untuk mengisi musim kemarau menunggu musim hujan setiap tahunnya.

Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik

Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat pupuk organik:
  1. Memiliki sistem perakaran yang dangkal dan berjenis akar serabut.
  2. Pertumbuhannya sangat cepat dan memiliki daun yang rimbun.
  3. Mengandung banyak nitrogen.
  4. Batang pohonnya tidak terlalu keras.
  5. Tahan terhadap kondisi kering pada saat musim kemarau.
  6. Apabila untuk tanaman sela, dipilih jenis tanaman yang tidak merambat.
  7. Memiliki tekstur daun yang lunak sehingga mudah dan cepat terurai oleh mikroorganisme.
Dari ciri-ciri di atas dapat diketahui bahwa tanaman yang bagus untuk pupuk organik di antaranya adalah tanaman kacang-kacangan, turi, lamtoro, albasia (trembesi), dan pohon-pohon sejenisnya.

Daun dari tumbuhan di atas biasanya digunakan sebagai campuran pembuatan popok kompos dan juga bisa menjadi bahan utamanya. Baca juga Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Kotoran Hewan Sekam Bakar dan Sampah Organik.

Demikian Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik