Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , » 5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia

5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia

Zona Organik - 5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia - Legum adalah jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik bagi pertanian, peternakan, maupun sebagai sumber makanan.

Jenis tanaman legum terbagi menjadi 3, yaitu Faboideae (atau Papilionoideae, tumbuhan berbunga kupu-kupu), Caesalpinioideae, dan Mimosoideae.

1. Faboideae

Faboideae merupakan tanaman kelompok kacang-kacangan atau polong-polongan. Bentuk bunganya kupu-kupu, zigomorf, khas dengan mahkota bunga yang tidak sama bentuknya. Mahkota termodifikasi menjadi tiga bagian: bendera, sayap (alae), dan lunas (carina). Bagian lunas melindungi organ seksual benang sari dan putik. Karena terlindungi inilah tumbuhan kacang-kacangan biasanya merupakan tumbuhan berpenyerbukan sendiri. Bunga biasanya tunggal dengan polong biasanya berbentuk silinder.

5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia

Contoh tanaman Faboideae:
  1. Kacang tanah (Arachis hypogaea)
  2. Kedelai (Glycine max)
  3. Buncis (Phaseolus vulgaris)
  4. Kapri (Pisum sativum)
  5. Orok-orok (Crotalaria juncea)
2. Caesalpinioideae
Tumbuhan Caesalpinioideae dicirikan dari bunganya yang tersusun majemuk membentuk seperti piramida. Setiap bunga memiliki benang sari dan putik yang relatif panjang. Bunganya tidak bertipe kupu-kupu.

Contoh tanaman Caesalpinioideae:
  1. Kembang merak (Caesalpinia pulcherrima)
  2. Secang (Caesalpinia sappan)
5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia

3. Mimosoideae

Tumbuhan Mimosoideae merupakan kelompok petai-petaian. Cirinya yang paling jelas adalah bunganya tersusun majemuk di atas suatu dasar bunga (bongkol) bersama berbentuk bulatan. Akibatnya, bunga tampak seperti bola berambut.

Contoh-contoh tanaman Mimosoideae:
  1. Jengkol (Archidendron pauciflorum)
  2. Jeungjing/Sengon (Paraserianthes falcataria)
  3. Lamtoro (Leucaena glauca)
  4. Putri malu (Mimosa pudica)
  5. Petai (Parkia speciosa)
  6. Trembesi atau ki hujan (Albizia saman)
5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia
Terdapat banyak jenis tanaman lain yang juga memiliki banyak manfaat dalam dunia pertanian yang bisa kita baca pada: Ciri Ciri Tumbuhan untuk Bahan Pupuk Organik.

Berikut ini 5 manfaat tanaman legum bagi manusia khususnya dalam dunia pertanian:

1. Legum sebagai Sumber unsur hara Nitrogen (N)

Pelibatan tanaman legum dalam pertanian adalah untuk memenuhi kebutuhan unsur hara N pada budidaya tanaman. Dalam hal ini terjadi penambahan unsur N dari luar, yaitu dari atmosfer. Tanaman legum memiliki kemampuan untuk mengikat unsur N dari udara dengan bantuan bakteri penambat N, sehingga kadar N dalam tanaman relatif tinggi.

2. Legum sebagai Pupuk Hijau (Pupuk Organik)

Pupuk hijau merupakan pupuk yang berasal dari sisa tanaman legum. Karena kemampuan tanaman legum mengikat N udara dengan bantuan bakteri penambat N menyebabkan kadar N dalam tanaman relatif tinggi, sehingga pupuk hijau dapat diberikan dengan mudah pada waktu penanaman tanaman pokok, tanpa harus mengalami proses pengomposan lebih dulu sebagaimana sisa-sisa tanaman pada umumnya.
5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia
Tanaman legum dapat ditanam secara bergilir atau berseling dengan tanaman pokok di petak yang sama, atau ditanam berjajar dengan tanaman pokok pada petak yang terpisah menurut sistem penanaman lorong (alley cropping). Tanaman yang ditanam secara bergilir atau berseling dengan tanaman pokok bertujuan untuk menghasilkan pupuk hijau. Tanaman yang ditanam dengan sistem lorong adalah legum pohon yang diambil daunnya dan digunakan sebagai pupuk hijau atau mulsa tanaman. Pupuk hijau dan tanaman lorong dapat menambahkan unsur hara dari petak lain ke petak tanaman pokok.

3. Legum sebagai Tanaman Budidaya

Selain sebagai penghasil pupuk hijau, tanaman legum juga dapat memberikan komoditas tambahan hasil panen yang memiliki niali ekonomis tinggi, yaitu antara lain:
  • kedelai
  • kacang tanah
  • kacang buncis
  • kapri
  • petai
  • jengkol
5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia
4. Legum sebagai Tanaman Bahan Bangunan dan Kayu Bakar
Tanaman legum juga dimanfaatkan kayunya sebagai bahan bangunan atau industri, yaitu antara lain:
  • Sengon (kayu)
  • Sengon laut atau jeungjing (kayu)
  • Tarum (daun untuk pewarna biru/nila/indigo)
  • Secang (kayu untuk pewarna merah)
  • Gom arab (resin untuk perekat)
 5. Legum sebagai Pakan Ternak

Daun tanaman legum beberapa di antaranya dapat digunakan sebagai pakan ternak yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi, yaitu antara lain:
  • Calliandra callothyrsus (kaliandra)
  • Imperata cylindrica (alang-alang)
  • Kacang tanah
  • Jagung
  • Rumput gajah
  • Setaria
  • Rumput raja (king grass)
Demikian 5 Manfaat Penting Tanaman Legum Bagi Manusia, semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga 2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung.

Selamat mencoba, semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik