Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » 12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami

12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami

Zona Organik - 12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami - Sudah 6 bulan ini kegiatan pengisi waktu luang kami adalah mengurus dan memeliharan tanaman warung hidup di halaman dan pekarangan rumah. Awalnya kami iseng-iseng menebar cabe dan tomat yang terlalu matang di pekarangan. Setelah beberapa hari ternyata biji tersebut tumbuh subur. Kemudian kami mempersiapkan media tanam.

Untungnya ada tetangga yang memelihara sapi dan kotoranya menggunung. Kami membuat media tanam dari campuran tanah pekarangan dengan kotoran sapi yang sudah lama yang sudah menjadi tanah dengan perbandingan 1:1.

12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami

Untuk cara membuat media tanamnya bisa kita baca pada Cara Mudah Lengkap Membuat Media Tanam Sayuran Organik dalam Karung.

Setelah media tanam jadi, kemudian kami masukkan ke dalam karung bekas. Awalnya hanya 10 karung, setelah melihat perkembangan tanaman tersebut bagus, kemudian kami membeli 100 karung bekas beras bulog 20 kg sejumlah 100 lembar.
 
12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami
 
Setiap hari kami membuat media tanam dan memindahkan 5-10 bibit ke dalam karung. Lama-lama banyak juga. Dan Alhamdulillah hingga sekarang tanaman warung hidup kami tetap tumbuh subur dan tetap menghasilkan secara rutin.

Berikut ini 12 tanaman warung hidup di pekarangan rumah kami dengan menggunakan karung bekas:
 
12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami
  1. Cabai rawit. Bahagia rasanya memiliki ratusan tanaman cabe dalam karung yang berbuah sepanjang waktu. Apalagi saat ini harganya lumayan mahal. Sebagian kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sebagian lagi kami jual. Lumayan sebagai tambahan penghasilan.
  2. Caisim. Tanaman ini juga disebut dengan sawi hijau. Caisim biasanya digunakan untuk sayuran campuran mie. Sebagai sayuran hijau, caisim kaya akan serat. Keluarga kami sangat suka caisim. Di samping itu, tanaman ini berumur pendek, hanya 30 hari saja sudah siap panen.
  3. Tomat. Buah tomat banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kami menanam tomat untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Hasilnya lumayan, namun sayangnya tidak seperti cabe, tomat umurnya pendek, paling berbuah 2 kali terus tanaman mengering dan mati.
  4. Terong ungu. Terong ungu yang kami tanam bentuknya lonjong. Kami paling suka terong ungu ini dibuat sambel goreng.
  5. Bayam. Sayuran ini kaya akan zat besi dan vitamin A, sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan anak kami.
  6. Kemangi. Lalapan yang satu ini tidak ketinggalan juga kami tanam di samping tanaman cabe. Entah mengapa sebabnya, cabe yang tumbuh di samping kemangi tidak diserang hama, sedang yang jauh dari tanaman kemangi terserang hama seperti ulat. Mungkin karena bau daun kemangi yang khas menyengat sehingga hama tanaman tidak mau mendekat.
  7. Kangkung. Kami sering membuat pecel, sehingga kangkung menjadi tanaman wajib di pekarangan rumah kami. Tanaman ini mudah sekali tumbuh, persemaiannya juga sangat cepat. Dalam waktu 3 hari saja biji sudah mulai berkecambah. Kangkung kami tanam dengan menggunakan sistem hidroponik.
  8. Pare. Tanaman ini sangat terkenal, buktinya sampai ada lagunya segala. Kalau ku tahu paria pahit tak kan ku gulai dalam belanga, kalau ku tahu bercinta sakit tak kan kumulai dari semula. Meski pahit, tanaman ini juga kami tanam, karena sebagai variasi menu sayuran keluarga kami.
  9. Seledri. Biasanya bumbu ini digunakan untuk baso. Bumbu masak yang satu ini juga kami tanam untuk pelengkap aneka ragam sayuran dan bumbu masak yang kami tanam di halaman rumah kami.
  10. Bawang daun. Permintaan bawang daun di pasaran lumayan tinggi, karena bumbu masak ini digunakan dalam masakan mie ayam. Bawang daun juga biasa digunakan sebagai bumbu sop. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, baik langsung di tanah, pot, polybag, maupun karung bekas.
  11. Serai. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ikan atau daging. Bau wanginya yang khas, juga dimanfaatkan sebagai campuran wedang jahe. Kandungan minyak atsirinya juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.
  12. Kacang panjang. Buahnya merupakan sayuran yang bisa dibuat sayur asem, pecel, sop, dan lalapan. Sebagai suku kacang-kacangan, tanaman ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan keluarga kami.
12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami
 
Sebenarnya masih ada beberapa tanaman lainnya yang kami tanam, namun belum begitu banyak, sehingga belum kami tulis.

Melalui tulisan ini, kami mengajak kepada semua keluarga di Indonesia khusunya, dan dunia umumnya untuk mulai dari sekarang menenami pekarangan rumah dengan berbagai macam tanaman bermanfaat di atas.
 
12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami

Demikian 12 Tanaman Warung Hidup di Pekarangan Rumah Kami, semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca juga Menanam Sayuran Mudah pada Lahan Sempit di Halaman Rumah.

Selamat mecoba, semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik