Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , » 2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung

2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung

Zona Organik - 2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung - Sejak dahulu, pupuk kandang telah diyakini sebagai bahan organik yang memiliki manfaat besar dalam bidang pertanian. Baik pertanian tradisional maupun modern, baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Penggunaan pupuk kandang telah dilakukan sejak lama, baik oleh petani kecil di desa, maupun oleh pengusaha perkebunan berskala besar sekelas perusahaan. Manfaat ganda yang diperoleh dari penggunaan pupuk organik ini yang mendorong banyak pihak untuk selalu menggunakannya sebagai suplai unsur hari bagi tanaman budidaya mereka.

Apa saja manfaat pupuk kandang yang digunakan sebagai campuran media tanam, khususnya dalam budidaya warung hidup sayuran dalam karung di halaman rumah?

Setelah melakukan budidaya warung hidup selama 7 bulan dengan memanfaatkan pupuk kandang, kami menyimpulkan bahwa 2 manfaat besar pupuk kandang media tanam sayuran dalam karung adalah sebagai berikut:

2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung

1. Memperpanjang umur produktif tanah

Di desa kami banyak penduduknya yang menanam cabe dan sayuran, baik di ladang, tegalan sawah, pekarangan, maupun di halaman dan pekarangan rumah. Demikian juga kami, melakukan budidaya warung hidup di halaman rumah.

Tanaman cabe mereka tidak dapat berproduksi lama, paling 3-5 kali panen sudah layu dan mati, jika berhasil bertahan hidup, maka produksinya sudah menurun drastis, daun tanaman nampak kuning, pertumbuhan tunas pada pucuk pohon tidak ada, sehingga tanaman tidak dapat berproduksi lagi.

Berbeda dengan tanaman cabe kami yang kami tanam di dalam karung menggunakan media campuran tanah pekarangan dengan pupuk kandang kotoran sapi.

Perbandingan campuran media tanam yang kami gunakan adalah 1:1, yaitu satu bagian tanah dicampur dengan satu bagian pupuk kandang.

Dengan media tanam seperti itu, tanaman cabe kami bisa berproduksi lancar terus-menerus hingga 7 bulan. Tanaman masih tetap subur yang ditandai dengan munculnya percabangan baru di pucuk pohon dengan bunga-bunga baru juga.

Bentuk buah cabe tetap stabil besar-besar, mulus, dan kulit buahnya mengkilat, dari pertama produksi hingga saat ini setelah dipanen berulang kali.

Melihat kondisi semacam itu, kami menyimpulkan bahwa penggunaan pupuk kandang sebagai campuran media tanam budidaya warung hidup dalam karung dapat memperpanjang umur produktif tanah.

2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung

2. Memperbaiki mutu bahan organik dan segi fisik, kimia, dan biologi tanah

Melihat usia produktif tanaman yang begitu lama dengan produksi yang tetap stabil, kami perkirakan bahwa tanaman cabe dalam karung yang kami letakkan di halaman dan pekarangan rumah akan tetap berproduksi dengan baik hingga lebih dari 1 tahun.

Hal itu dikarenakan oleh tersedianya nutrisi atau unsur hara tanah yang lebih banyak, baik yang berasal dari pupuk kandang itu sendiri, maupun dari hasil kinerja pupuk kandang tersebut dalam memperbaiki mutu bahan organik dan segi fisik, kimia, dan biologi pada tanah.

Dari kondisi fisik, kimia, dan biologi tanah yang baik inilah sehingga mampu melakukan suplai unsur hara, baik mikro maupun makro dalam tanah kepada tanaman.

Drainase berjalan lancar, peredaran oksigen di dalam tanah selalu baik, tingkat kegemburan tanah juga selalu terjaga.

Berdasarkan hal tersebut, dapat kami tarik kesimpulan bahwa penggunaan pupuk kandang dalam budidaya sayuran dalam karung dapat memperbaiki mutu bahan organik dan segi fisik, kimia, dan biologi pada tanah.

Apalagi jika pupuk kandang tersebut sebelum digunakan dibuat kompos terlebih dahulu yang bisa kita baca pada:
Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Kotoran Hewan Sekam Bakar dan Sampah Organik
 

2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung

Demikian 2 Manfaat Besar Pupuk Kandang Media Tanam Sayuran dalam Karung, semoga bermanfaat. Untuk selanjutnya silahkan baca yang ini Cabe Rawit Besar Besar dan Mengkilat Berkat Pupuk Kandang Kotoran Sapi.

Selamat mencoba menggunakan pupuk kandang sebagai campuran media tanam.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik