Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Sampah Daun yang Telah Membusuk di Pekarangan Tambahan Pupuk Oragnik

Sampah Daun yang Telah Membusuk di Pekarangan Tambahan Pupuk Oragnik

Zona Organik - Sampah Daun yang Telah Membusuk di Pekarangan Tambahan Pupuk Oragnik - Musim penghujan menyebabkan sampah daun di pekarangan sekitar rumah kita mulai membusuk. Sebaiknya kita manfaatkan untuk tambahan pupuk organik dalam budidaya warung hidup dalam karung. Kegiatan pengumpulan ini kami lakukan pada sore hari bersama anak kami.

Kebetulan di pekarangan sebelah kanan rumah, kami tanami dengan pohon albasia dan jabon. Sampah daun yang berserakan mulai membusuk tercampur dengan ranting pohon yang mulai lapuk. Semua itu kami kumpulkan dan kami masukkan ke dalam karung bersama media tanam.


Banyak keuntungan yang kita peroleh dari pemanfaatan sampah daun di pekarangan, yaitu:
  1. Sebagai bahan oragnik (kompos) untuk nutrisi tanaman.
  2. Tidak perlu mencari jauh-jauh.
  3. Tidak perlu membeli.
  4. Meskipun manfaatnya tidak langsung terlihat pada tanaman, namun untuk jangka waktu panjang, sampah daun yang mulai membusuk itu akan menjadi humus di dalam karung budidaya.
  5. Karena sampah daun itu alami, maka unsur hara yang dihasilkan juga organik, sehingga sayuran yang dihasilkan juga organik.
  6. Menghasilkan sayuran yang sehat dan alami.
  7. Sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak kami.
  8. Melatih wira usaha pada anak kami, khususnya dalam bercocok tanam atau budidaya sayuran organik di halaman rumah.
  9. Melatih kemandirian. Awalnya anak melihat yang kami lakukan, karena penasaran maka meraka kemudian turut serta membantu tanpa diminta (insting anak-anak selalu ingin mencoba hal baru).
  10. Membina hubungan keluarga yang semakin harmonis dengan bekerjasama mengumpulkan sampah daun untuk tanaman sayuran keluarga.
10 keuntungan di atas telah kami rasakan. Ternyata sampah yang ada di sekitar kita juga memberikan keuntungan lahir batin bagi keluarga kami.

Dari kegiatan memungut sampah tersebut, yang kami lakukan sejak 7 bulan lalu hingga sekarang, kami telah merasakan manfaatnya, yaitu tanaman warung hidup di halaman rumah kami, khususnya cabe, tumbuh dengan subur dan selalu memberikan cabe segar, organik, dan menghasilkan.

Bukan cuma itu, dari kelebihan hasil panen, kami juga memperoleh uang dengan menjualnya.

Demikian Sampah Daun yang Telah Membusuk di Pekarangan Tambahan Pupuk Oragnik, semoga bermanfaat. Simak juga Perbedaan Pupuk Organik dan Kimiawi Buatan dalam Hal Daya Pengaruh dan Konsekuensinya.

Selamat mencoba bercocok tanam warung hidup di halaman rumah.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik