Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , » 3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik

3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik

Zona Organik - 3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik - Kita perlu mengenal lebih dekat apa itu budidaya tanaman organik. Alasannya adalah semakin rusaknya struktur tanah pertanian kita akibat penggunaan pupuk kimia. Selain itu akumulasi kimia yang terbawa oleh hasil pertanian yang masuk ke dalam tubuh kita akan mengganggu kesehatan.

Budidaya tanaman organik adalah sistem produksi tanaman dengan memanfaatkan unsur hara secara alami. Unsur hara dalam budidaya organik bersumber dari 3 hal. Seperti yang dikenal oleh kalangan petani, yaitu:
  1. Unsur hara yang berasal dari limbah rumah tangga, sampah organik, dan limbah pabrik.
  2. Berasal dari bidang peternakan yang berupa pupuk kandang dan kompos.
  3. Berasal dari lahan pertanian itu sendiri, atau yang dikenal dengan tanaman legum.
Sumber unsur hara pertama:
3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik

Sumber unsur hara yang pertama berasal dari limbah rumah tangga seperti sisa makanan, pembukus makanan dari daun, sisa buah-buahan, dan limbah dapur berupa sisa sayuran.
Sampah pekarangan juga merupakan sumber unsur hara yang sangat bagus untuk kesuburan tanah. Sampah ini dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Limbah pabrik yang digunakan sebagai sumber unsur hara tanaman misalnya ampas tahu dan kulit kedelai sisa pembuatan tempe.
Sebagai sumber unsur hara, limbah di atas harus melalui beberapa proses dulu sebelum digunakan sebagai tambahan hara bagi tanah pertanian.

3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik

Sumber unsur hara kedua:
Sumber yang kedua ini berasal dari limbah pertanian yang digunakan sebagai pakan ternak. Limbah pertanian itu diproses di dalam perut hewan ternak dan dikeluarkan sebagai kotoran ternak yang dikenal sebagai pupuk kandang.
Kelebihan unsur hara yang kedua ini penggunaannya sudah tidak melalui proses yang panjang. Kita biarkan saja untuk beberapa waktu, maka sudah bisa langsung diberikan untuk tambahan unsur hara dalam tanah.

Jangan lupa baca juga Cara Mudah Lengkap Membuat Media Tanam Sayuran Organik dalam Karung.
3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik

Sumber unsur hara ketiga:
Sumber ketiga berada dalam lahan pertanian itu sendiri, yaitu yang disebut dengan tanaman legum. Tanaman ini memiliki kelebihan mengikat nitrogen dari udara karena bersimbiosis dengan bakteri tertentu pada akar atau batangnya. Jaringan yang mengandung bakteri simbiotik ini biasanya menggelembung dan membentuk bintil-bintil pada akar tanaman, sehingga memberikan cadangan nitrogen bagi tanah. Oleh karena itu, tanaman legum ini dapat digunakan sebagai pupuk hijau.

Dengan ketiga sumber hara di atas, budidaya tanaman tidak lagi membutuhkan pupuk kimia sebagai tambahannya. Justru unsur hara alami ini kandungannya lebih lengkap dari pada pupuk kimia.

Mengapa kita harus melakukan budidaya tanaman organik? Berikut ini alasannya:
  1. Unsur hara atau pupuk tidak perlu membeli karena sudah tersedia melimpah di alam.
  2. Selain menyehatkan, unsur hara alami ini juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia dalam jangka waktu yang lama.
  3. Alasan yang paling utama adalah kesehatan, dengan budidaya tanaman organik, makanan yang kita konsumsi bebas dari bahan kimia. Tubuh kita akan menjadi lebih sehat dengan hasil tanaman organik.
Demikian 3 Sumber Unsur Hara pada Budidaya Tanaman Organik, semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga Budidaya Tanaman Warung Hidup Multi Sistem di Pekarangan Rumah.

Selamat mencoba, semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik