Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Tanaman Cabe Umur Dua Bulan Siap Berbuah

Tanaman Cabe Umur Dua Bulan Siap Berbuah

Zona Organik - Tanaman Cabe Umur Dua Bulan Siap Berbuah - 6 minggu (50 hari) setelah tanam, biasanya pohon cabe mulai berbunga. Hal itu terjadi jika tanaman cabe tumbuh dengan sehat. Kemudian setelah 8 minggu atau 2 bulan, cabe mulai berbuah. Itu yang terjadi pada tanaman cabe organik dalam karung di halaman kami.

Bahagia rasanya melihat tanaman cabe organik mulai menampakkan hasinya. Buah mulai bermunculan dari ujung cabang dan ranting pohon cabe. Waktu 2 bulan tersebut dicapai karena tanaman cabe tumbuh dengan normal, tanpa ada gangguan hama dan penyakit. Namun jika cabe terserang penyakit (biasanya pucuk keriting) maka bunga cabe akan gagal menjadi buah.

Tanpa obat-obatan dan pupuk apapun (selain pupuk organik kotoran sapi) tanaman cabe kami mulai berbuah dengan lebat pada waktu 2 bulan. Bagaimana jika diberikan tambahan pupuk lain, mungkin kan semakin lebat. Namun itu tidak kami lakukan, karena kami menginginkan hasil yang organik, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Tanaman Cabe Umur Dua Bulan Siap Berbuah

Meski tidak ada tambahan pupuk apapun, tanaman cabe kami tidak kalah dengan tanaman cabe yang dirawat dengan pupuk dan obat-obatan kimia.

Ada sedikit hal sepele yang kami lakukan dan mungkin itu berpengaruh pada tanaman cabe kami, yaitu:
  1. Kami mencampurkan sampah daun di pekarangan kami ke dalam media tanam dalam karung sejak pertama kali membuat media tanam.
  2. Kami juga meletakkan potongan sabut kelapa di dalamnya.
Harapan kami dengan memasukkan sampah daun di dalam media, setelah tanaman cabe berumur 2 bulan, sampah daun itu terurai menjadi humus, sehingga akan memberikan nutrisi tambahan bagi tanaman cabe kami.

Kemudian, maksud kami memberikan sabut kelapa di dalam media adalah untuk suplai nitrogen dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman. Karena seperti apa yang kami baca, ternyata sabut kelapa memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, jika terkena air maka sabut kelapa akan menghasilkan nitrogen.

Itulah yang biasanya kami lakukan pada tanaman cabe dalam karung kami sehingga dapat tumbuh normal dan berbuah pada waktunya. Namun satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa semua itu adalah anugerah dari Allah SWT yang telah memberikan dan menghidupkan tanaman cabe kami sehingga dapat tumbuh dengan subur.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik