Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Manfaat Menanam Kumis Kucing Di Halaman Rumah

Manfaat Menanam Kumis Kucing Di Halaman Rumah

Zona Organik - Manfaat Menanam Kumis Kucing Di Halaman Rumah - Kumis kucing tidak asing lagi di telinga kita, yaitu tanaman yang memiliki khasiat kesehatan. Kumis kucing merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di sekitar rumah kita. Terkadang kita menganggap sepele tanaman ini, padahal memiliki cukup banyak manfaat bagi kita, terutama manfaat kesehatan sebagai obat herbal alami.

Kumis (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang tergolong dalam famili Labiatae. Kumis kucing adalah tanaman yang termasuk terna tegak yang di bagian buku-bukunya terdapat akar. Kumis kucing merupakan tanaman yang dapat tumbuh hingga 2 meter. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, dan Filipina.

Kumis kucing merupakan tanaman yang mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak, dan kalium.
Manfaat Menanam Kumis Kucing Di Halaman Rumah

Karena kumis kucing berkhasiat kesehatan, ada baiknya jika kita tanam di halaman rumah kita, baik sebagai tanaman hias maupun sebagai tanaman obat. Cara penanamannya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:
  1. Ambil cabang yang tua, patahkan sepanjang 15 cm.
  2. Tanam langsung pada tanah atau pada wadah tanam, misalnya pot, polybag, atau karung bekas.
  3. Media tanam dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
Manfaat Menanam Kumis Kucing Di Halaman Rumah
 
Kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti misalnya:
  1. Mengobati penyakit diuretik dan rematik.
  2. Mengatasi batuk, sakit pinggang, sembelit, dan masuk angin.
  3. Menyembuhkan radang ginjal, kencing manis, batu ginjal, ambuminuria, dan penyakit sipilis.
  4. Munurunkan kadar gula dalam darah.
  5. Untuk mengobati batu ginjal, dapat kita buat ramuan sebagai berikut: ambil 20 lembar daun kumis kucingtambahkan daun keji beling 5 lembar. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum secara rutin sehari 2 kali masing-masing satu gelas.
  6. Untuk memperlancar buang air kecil dapat dilakukan dengan membuat ramuan: rebus daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang secukupnya dengan air 3 gelas. Tunggu hingga air tersisa 1,5 gelas. Dinginkan dan minum secara teratur 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  7. Untuk mengobati diabetes, buatlah ramuan sebagai berikut: ambil 15 lembar daun kumis kucing. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan kemudian minum secara rutin 1 kali sehari.
  8. Untuk mengatasi keputihan pada wanita, buatlah ramuan sebagai berikut: Ambil daun kumis kucing dan daun beluntas secukupnya. Rebus dengan air 1 gelas, tambahkan 1 sendok teh jintan hitam dan 10 biji kemukus. Minum secara teratur 1 kali sehari.
  9. Untuk mengatasi sakit pinggang, dapat kita buat ramuan: ambil 7 lembar daun kumis kucing dan 2 potong akar kumis kucing. Rebus dengan air 1 gelas. Minum secara teratur 2 kali sehari.
  10. Untuk mengusir masuk angin, buatlah ramuan kumis kucing sebagai berikut: rebus daun kumis kucing secukupnya dalam segelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa setengah gelas. Dinginkan dan minum sampai habis selagi hangat secara teratur.
  11. Kumis kucing juga dapat mengobati encok, asam urat, infeksi kantung kemih, dan nyeri saat buang air kecil.
Untuk diingat, bahwa ramuan ini adalah obat herbal, sehingga untuk mendapatkan kesembuhan harus dilakukan pengobatan yang cukup lama dan konsisten. Alangkah baiknya lagi jika dibarengi dengan pemeriksaan ke dokter secara rutin, agar mendapatkan kesembuhan yang sempurna.

Melihat betapa banyak manfaat kumis kucing untuk kesehatan, maka sebaiknya tanaman ini kita tanam di halaman rumah kita.
 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik