Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » » Peran Halaman Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Dapur

Peran Halaman Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Dapur

Zona Organik - Peran Halaman Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Dapur - Halaman rumah memiliki peran penting dalam kehidupan sosial ekonomi rumah tangga. Halaman rumah sejak dulu telah dimanfaatkan sebagai lumbung hidup, warung hidup, atau apotik hidup. Halaman rumah disebut sebagai lumbung hidup karena sewaktu-waktu dapat memenuhi kebutuhan pangan seperti jagung, singkong, ketela, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut disimpan di halaman rumah dalam keadaan hidup.

Halaman rumah juga dikenal sebagai warung hidup, karena dapat ditanami berbagai macam sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain itu, halaman rumah juga dapat berperan sebagai apotik hidup, karena dapat ditanami berbagai macam tanaman obat yang sangat bermanfaat dalam upaya memenuhi kebutuhan obat-obatan keluarga sebagai pertolongan pertama. Obat ini biasanya disebut obat tradisional, karena dalam pembuatannya dilakukan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dihasilkan sendiri.

Peranan dan pemanfaatan halaman rumah sangat bervariasi, tergantung daerahnya. Misalnya antara pedesaan dan perkotaan akan jauh berbeda peranan halaman rumah. Di pedesaan biasanya dimanfaatkan sebagaimana disebutkan di atas, sedang di perkotaan biasanya digunakan sebagai taman penghias rumah, meskipun mulai banyak yang memanfaatkannya sebagai warung dan apotik hidup.
Peran Halaman Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Dapur
 
Pemanfaatan halaman rumah secara optimal akan menghasilkan:
  1. bahan makanan sebagai tambahan hasil sawah dan kebun
  2. sayuran dan buah-buahan
  3. rempah-rempah, bumbu dapur, dan wangi-wangian
  4. obat-obatan
  5. lauk (ikan dan ayam)
  6. selain tersebut di atas, halaman rumah juga bisa menghasilkan uang
Peran Halaman Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Dapur
Seperti kita ketahui bersama, harga sayuran di pasaran sangat fluktuatif, terkadang turun drastis, kadang menjadi sangat mahal. Cabe misalnya, jika sedang musim panen, maka harganya sangat murah, biasanya tidak sampai Rp. 10.000,- per kg, namun jika sedang terjadi gagal panen, atau adanya krisis keuangan, atau adanya kenaikan harga BBM, atau adanya kendala pengiriman barang, maka harga cabe akan sangat tinggi, bahkan hingga mencapai Rp. 100.000,- per kg.

Melihat betapa besar peran halaman rumah dalam memenuhi kebutuhan keluarga, maka sebaiknya mulai sekarang ini, marilah kita manfaatkan halaman rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik