Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , , , , , » Cabe Candle Light Unik Cocok untuk Hiasan di Halaman Rumah

Cabe Candle Light Unik Cocok untuk Hiasan di Halaman Rumah

ZonaOrganik.Com - Cabe Candle Light Unik Cocok untuk Hiasan di Halaman Rumah - Organic Gardening - Growing Vegetables Organically - Sebelumnya kami tidak mengetahui bahwa salah satu koleksi cabe kami terdapat cabe candle light. Awalnya saya melihat cabe milik tetangga, yaitu milik Pak Wasmono di desa Sidomulyo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Jawa Tengah penampakannya sangat unik dan menarik. Buah cabenya bergerombol dan ngacung ke atas, tidak seperti cabe rawit yang kami tanam.

Rasa penasaran, saya memberanikan diri untuk meminta cabe yang telah matang beberapa buah kepada pak Guru Wasmono. Alhamdulillah diperbolehkan. Pada waktu itu saya lupa tidak menanyakan apa nama cabe tersebut karena saking senengnya diberi benih cabe. Menurut beberapa orang, namanya katanya cabe pancasila.

Pada suatu hari saya melihat beberapa photo cabe-cabean di facebook. Beraneka macam jenis dan bentuk cabe, yang salah satunya adalah cabe yang saya tanam itu. Ternyata namanya adalah Candle Light.

Sejak saat itu, saya rawat cabe candle light tersebut dengan baik, karena ternyata nilai jualnya sebagai tanaman hias atau cabe hias lumayan mahal.

Cabe Candle Light Unik Cocok untuk Hiasan di Halaman Rumah

Seperti tanaman sayuran lainnya, cabe candle light ini kami tanam secara organik, yaitu menggunakan pupuk organik, pestisida, dan juga insektisida organik. Cabe ini juga kami tanam dalam karung bekas dan  kami letakkan di halaman dan pekarangan rumah.

Namun sayangnya ada beberapa cabe candle light yang terserang hama dan penyakit, terutama patek, karena memang musim hujan dan banyak sekali tanaman cabe yang terserang patek.

Namun masih ada beberapa cabe ini yang tumbuh subur dengan buah lebat. Meski tanpa menggunakan pupuk kimia, namun tingkat kesuburan tanahnya dan perkembangan tanamannya tidak kalah.

Pupuk organik yang kami gunakan untuk cabe candle light ini adalah campuran pupuk kandang kotoran sapi dan sampah daun, serta ditambah arang sekam. Semua bahan tersebut kami fermentasi, sehingga menjadi kompos yang memiliki kandungan unsur hara lebih baik dibanding jika pupuk kandang langsung diaplikasikan ke tanaman.

Alasan penggunaan sistem budidaya organik ini utamanya adalah kesehatan. Dengan sistem organik, hasil sayuran terutama cabe candle light ini lebih segar, sehat, dan aman dikonsumsi.

Melalui situs ini, tidak bosan-bosan kami mengajak para pembaca untuk memanfaatkan lahan sempit halaman dan pekarangan rumah kita untuk menanam sayuran secara organik.

Demikian ulasan tentang salah satu koleksi kami, Cabe Candle Light Organik Subur, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik