Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah

Budidaya Sayuran Organik di Halaman Rumah
Home » , , , , » Budidaya Tomat Organik dalam Karung

Budidaya Tomat Organik dalam Karung

ZonaOrganik.Com - Organic Gardening - Growing Vegetables Organically - Budidaya Tomat Organik dalam Karung - Tomat merupakan buah jenis sayuran yang sangat digemari. Hampir setiap dapur membutuhkan tomat sebagai salah satu bumbu masaknya. Tidak terkecuali dapur istri saya, bahkan setiap hari memanfaatkan kelezatan tomat dalam setiap sayurnya.

Hal tersebut telah memotivasi kami untuk melakukan budidaya tomat kecil-kecilan di halaman dan pekarangan rumah. Kami melakukan budidaya tomat organik dengan alasan, kesehatan. Artinya tanpa adanya campur tangan bahan kimia, baik pupuk maupun pengobatannya, hasil panen (buah tomat) yang kami peroleh bebas dari zat kimia alias alami dan menyehatkan.

Kami memanfaatkan karung bekas sebagai wadah budidaya. Karung bekas kami isi dengan campuran tanah pekarangan dan pupuk kompos (pupuk kandang, sampah daun, dan arang sekam).

Budidaya Tomat Organik dalam Karung

Selain untuk media tanam, campuran di atas juga sekaligus kami gunakan sebagai media semai. Sama saja persemaian juga kami lakukan di dalam karung bekas.

Budidaya Tomat Organik dalam Karung

Dengan media tanam tersebut, bisa kita lihat, tanaman tomat tumbuh subur, daunya hijau, dan bunga selalu muncul pada setiap pucuknya.

Walaupun tanpa pupuk kimia, tomat kami dapat berbuah lebat dan segar, di setiap pucuknya selalu muncul bunga dan bakan buah yang baru.

Dahannya sebenarnya kokoh, namun karena banyaknya buah tomat, maka kami pasang penopang agar tumbuhan tomat tidak roboh.

Budidaya Tomat Organik dalam Karung

Untuk mengatasi hama dan penyakit, kami juga menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun sirsak, daun pepaya, dan tembakau yang difermentasi kemudian air saringannya di tambah air sumur untuk menyemprot tanaman 3 hari sekali.

Hijaunya tanaman, indahnya bunga, dan lebatnya buah tomat memberikan pemandangan yang indah dan menjadi obat lelah setelah melakukan rutinitas pekerjaan.

Berikut ini video penampakan tanaman tomat kami di halaman rumah:



Sayang sekali jika halaman dan pekarangan rumah kita biarkan kosong. Oleh karena itu, sejak sekarang saya mengajak untuk menanam tomat dan sayuran lainnya dan rasakan manfaatnya.


Demikian budidaya tomat organik dalam karung yang kami lakukan. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © 2015. Zona Organik - All Rights Reserved
Template Editing by Zona Organik